Searching...
February 25, 2014

sarjana abal-abal



Wah yang pada mau wisuda, atau udah wisuda, dan bahkan yang menjelang wisudanya masih 3 bulan lagi, selamat cuuk. Sebelum itu mari nengok ke KBBI kalo wisuda itu artinya peresmian atau pelantikan yang dilakukan dengan upacara khidmat.

Entahlah ente pada khidmat atau enggak, yang ane rasain dulu sih wisuda garuk2 kepala gitu gatel keringetan kepanasan. Yang cewe malah benerin sanggul terus, sesekali benerin kebaya, terus kipit2 kipasan. Yang jelas sih pada foto2 gitu. Ya bisa dilihat ya khidmatnya ada di sebelah mana.

Dulu temen ane malah ada yang gak mau wisuda, bayarnya mahal abisnya. Duit segitu emang lumayan kalo semisal dibelanjain, wong bayarnya aja 400-600k, belom yang make up yang transport yang makan2…bisa beli hape baru malah kan.

Tapi emang konsepnya wisuda itu ngerayain rame2 sih ya, gak ada yang mikir wisuda itu ngeresmiin ente2 punya gelar, dan ngeresmiinnya pake upacara dengan khidmat.

Tapi mahasiswa emang beda2 pikirannya setelah wisuda. Ada yang bangga sama gelarnya, ada yang sujud sukur gak jadi DO, ada yang langsung mikir kapan nikah. Macem2 banget deh. Ane termasuk yang sedih setelah wisuda karena kudu ninggalin temen2 dan kampus. Selama sedih itu belum hilang, ane gak bakalan nyantumin gelar dibelakang nama ane.

Apalah arti gelar kalo ente belom move on dari kampus?

Gelar itu cuma embel2 di belakang nama. Gelar itu cuma pelengkap formalitas aja. Gelar itu cuma disebutin pas ente wisuda doang. Mikirin gelar gak lebih penting dari kenapa ente namain peliharaan ente dengan sebutan empus, meong, bleki, heli (guk guk guk). Secara linguistic (ane anak sastra), buat ane gelar cuma zero morpheme yang infleksional, gak  ngubah makna apapun dari nama ane.

Kecuali orang tua ente itu orang tua yang bisa bangga karena anaknya punya gelar, itu sih beda lagi…

Orang tua ane lebih bangga ke ane kalo ane bisa bantu keluarga. Kalo bisa bantu masyarakat lebih bangga lagi. Tapi orang tua ane gak pernah ngebangga2in gelar ane. Apakah orang tua ane hipster, yang anti mainstream, dimana bangga ke gelar anak itu dipikir jadi terlalu mainstream?

Kadang ane mikir juga sih, gelar sarjana (setelah wisuda) itu gak ngefek apa2. Seperti yang ane bilang tadi, gelar sarjana ane pikir kaya zero morpheme yang infleksional. Gak ngerubah makna nama ane mau apa atau gak ada gelar dibelakang nama ane. Beda lagi kalo gelarnya itu di depan nama, misal haji/hajjah (H./Hj.), itu jelas ngerubah makna nama ente.

Dengan gelar haji, ente diharapkan punya moral yang tinggi di atas rata2 orang. Ente diharapkan punya ilmu agama yang lebih tinggi, dan bisa ngebimbing masyarakat dengan benar. Ente diharapkan jadi ‘orang’, bukan sekedar orang yang tau agama. Ente menginspirasi orang lain buat naik haji.

Sementara gelar akademis? Ente cuma bisa bergaung kalo ente juga action, gak omong doang. Ente mau punya gelar SS terus ganti SH atau ditambah S yang lain, kalau gak berguna buat masyarakat ya mana masyarakat peduli sama ente. Lha wong gelar ente aja cuma buat sangu nyari kerja cuk.

Sebelum ganti gelar, nambah gelar, atau ngejual gelar, ane saranin ente baca Tri dharma perguruan tinggi deh. Minimal visi misi universitas ente sekolah,  atau semisal ente gak punya masalah sama kampus ente, ya dibaca visi misinya. Tapi ane maklum sih kalo belum pada baca, yang mainstream itu emang yaa mereka2 yang cita2nya sebatas punya profesi tertentu.

Gelar ente cuma mentok segitu-gitu aja kalo ente gak punya cita2 sosial. Mau nama gelar ente namanya apapun, tentunya…

Sincerely,

Nyunyun si maha sotoy

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!