Searching...
September 20, 2013

kakak kepo?

dulu banget, waktu jaman masih muda dan ngerjain skripsi (sekarang udah tuda dan lagi ngerjain agenda hidup), ane suka banget nonton curious george. kalo ga salah sih di ANTV, itu pagi-pagi jam tengah 8 udah mulai. yang ane penasaran, itu target audiencenya anak-anak, anak mana jam tengah 8 belom berangkat sekolah dan masih nonton tipi?



yang jelas bukan anak setan, I belive so. bahkan anak haram pun ane yakin udah berangkat sekolah.

atau skul, cekola, apapun semau kalian nyebutnya apaan...

kalian, yang kakak-kakak'an, atau adek-adek'an, yang kesana kemari ngomong-nya cemungudh kaka, harus bertanggung jawab atas pergeseran 'penasaran' jadi 'kepo'.

secara etimologi ya kak, kepo itu kata temen ane kepanjangan dari Knowing Every Particular Object, yang disingkat jadi kepo kak. kayanya sih penggunaannya ngegantiin kata 'penasaran', jadi kalimat apapun yang terkandung kata 'penasaran', bisa disubtitusi dengan kata 'kepo' kak. langsung aja ane kasih contoh kak :

gueh penasaran deh kakak angkatan itu udah punyah cewe apa kaga *nada centil nantang gelut

secara teknis, bisa diomongkan jadi :

gueh kepo deh kakak angkatan itu udah punyah cewe apa kaga *nada centil nantang gelut

singkatnya ya kak, kepo=penasaran. apapun konteksnya, siapa yang ngomong, timingnya, pokoke kepo ya penasaran. bahkan ada juga kepoing yang berarti ngepoin atau 'kegiatan melakukan aktivitas kepo terhadap objek, situasi, atau waktu'.

untungnya, ga ada kata mati penasaran, atau hantu penasaran yang jadi mati kepo atau hantu kepo. terlalu gaol kak mati dan hantunya...

tapi biarlah, nasi udah berubah jadi bubur kak. mending kakak jualan bubur aja sama adek, oke kak. cemungudh kakak...

buat ane, penasaran itu luhur kak. masa diganti ama kata-kata gahol 'kepo' gitu sih, kan sayang. kurang mulia gimana coba yang namanya penasaran, itu awal dari ilmu. orang penasaran pasti nanya, dan orang nanya pasti karena penasaran. tapi kenapa penasaran jadi kepo kakaaaaaak

ane termasuk orang yang banyak penasarannya. pengen tau aja, ini kenapa bisa gini, kenapa bisa gitu. lha yang ini bisa gitu, kok yang ini gak bisa gini. si kepiwe?
begitulah kata hati ane, kalo lagi penasaran kak.

yang jelas sih, mari ane tutup tulisan kali ini dengan kalimat alhamdulilah, serta statement walaupun ane sering kepo, tapi ane gapernah ngepoin idup orang.

terima kasih dan sekian

CTW alias cukup tau woles kakak

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!