Searching...
April 10, 2013

air susu umi


Pada gatau ocular power ya? Ocular power itu, kekuatan akomodasi mata. Seberapa kuat bisa ngeliat jarak jauh, dekat, kecepatan optikal. Gitu-gitu dah…

Yang namanya mata tu kan emang buat ngeliat ya, ente juga pasti bakalan tau mata ya buat ngeliat. Sebegitu pentingnya, sampe kalo ada apa-apa ke mata pasti yang punya mata ngelakuin apa aja biar matanya kebantu. Contoh deh, anak yang biasa pake kacamata yang tiba-tiba kacamatanya ilang.

Dan betapa bersyukurnya ane yang ga pake kacamata, seengganya ga bakalan troubled kalo kacamata ilang. Hehe bisa ngeliat dunia seisinya sebagaimana mestinya itu anugerah lho, ente kudu bersyukur. Soalnya ada orang yang ga perlu pake kacamata, tapi buta warna. Nah lho gimana tau kalo langit itu biru coba?

Ah tapi ga setuju juga sih kalo biru langit=langit itu warnanya biru. Kata siapa langit itu biru? Langit buat ane malah warna warni. Dari putih sampe ke item, dari biru, ijo, orange, merah, langit punya momen dimana warnanya ga selalu biru. Belum lagi kalo ada pelangi, lebih lebih warnanya berarti warna kuadrat.

Ah yang jelas gini deh, orang yang percaya kalo langit itu biru, itu pikirannya sempit. Luas langit itu se luas-luasnya luas dan luasnya luas ga punya satu warna definitive.


Ah iya, stalking itu nanti bakalan diharamkan sama MUI apa engga ya?heuheu jangan dulu deh

Ane barusan tengak tengok di dunia non-nyata. Iya tengak tengok doang, beneran. Kalo kelamaan soalnya ntar bisa ngurangin ocular power ane, katanya menatap monitor kelamaan bisa bikin minus. Ane klak-klik sana sini, dan nemu blog. Biasa, ngeblog dan ngiklaninnya di dunia non-nyata. Kaya ane, soalnya ga laku pembaca heuheu

Yang banyak ane perhatiin tuh ini, orang Purwokerto kalo nulis blog, kebanyakan pasti kata ganti ‘aku’ dirubah jadi ‘gue’. Seriously guys, wadehel? Biasa inyang-inyong ngana-ngene kepriwa-kepriwe pas nulis blog jadi elo-gue. Ada apakah nggarangan gerangan?

Pernah ane sok-sokan, mikir kalo penulis blog asal Purwokerto yang elo-gue di tulisannya itu lagi kena krisis identitas budaya. Ane mikir kalo penulis yang begini itu penulis yang lagi puber-pubernya mau menunjukkan diri lewat tulisan tapi ternyata kena krisis identitas.

Ane mikir kalo penggunaan elo-gue itu justru buat menunjukkan identitas ‘rakyat pusat’ Indonesia alias daerah pusat Indonesia, pulau jawa. Tapi bukannya kalo rakyat pusat Indonesia, ya engga cuman pake elo-gue doang? Kan ada aing-maneh, kisanak-saya, dan lain lain dah.

Tapi kalo krisis identitas mah jelas. Ane juga sempet bingung tiap nulis blog itu mau refer diri sendiri pake apaan. Pernah di satu tulisan pake aku, dua minggu setelahnya pake gue, ganti lagi jadi pake saya, ini yang lagi dipake kata ane. Tapi ane engga lagi krisis identitas, suer mas mba lah yakin…

Ini sih saran ya, kalo di percakapan langsung aja si. Wahai penduduk non-native Purwokerto yang berasal dari barat, sesungguhnya jikalau ente tidak menggunakan elo-gue dalam berkata-kata dengan kami warga native Purwokerto yang baru ente temui, kami akanlah sangat sungguh menghargai itu.

Seengganya (kalo ane sih) kalo pake elo-gue pas pertama kali ente ngomong sama orang Purwokerto yang ente temuin, penggunaan elo-gue itu malah menunjukkan arogansi ente.

Oh iya, kenapa ane pake kata ganti ane-ente pas lagi nulis gini? Bukannya sok-sokan nge-Arab gitu, engga. Jujur nih ane iqro aja ebta iqro 6 ane skip gara-gara ga lulus terus dan langsung baca Al-Qur’an. Buat apa ane sok-sokan, engga deh beneran. Itulah makanya tiap ane ketemu orang yang pandai dan handal baca Al-Qur’an, ane bakalan naroh high respect ke orang tersebut.

Ane pake kata ganti ane-ente ya karena pengen aja. Ada iramanya gitu, ya meskipun e-e-e-e doang sih. Hehe seengganya senada sama kepriwe, maring kene, ngana-ngene, kedele, kampuse dan kata-kata lainnya.

Yang jelas ane gabakalan pake kata ganti dengan sembarangan. Misal gitu ya, di keluarga yang sangat kuat agamanya sampe refer bapak-ibu aja selalu pake abah-umi, ane yakin ASI (air susu ibu) gabakalan dirubah jadi ASU (air susu umi). Ane ngikutin konvensi tidak tertulis semacam itu deh heuheu

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!