Searching...
March 18, 2013

kamen rider mesem?

Kalo ente pernah mikir kalo bahasa indonesia itu ga konsisten, berarti ente sama pikirannya kaya ane. Hehe kesini sini yang ane temuin malah semkain keenggajelasan bahasa indonesia.

Terakhir yang ane temuin itu soal kata maut. Pada tau lah ya sebagai murid sekolah indonesia yang diajarin bahasa indonesiaan dari jaman jebot, maut artinya apaan. Senada sama kematian, momen terakhir hidup, kemalangan yang mematikan, atau sinonimnya naas. Yang terakhir tolong diingat kalo ini bukan nama buah yang bikin keguguran.

Maut itu bersinonim sama naas. Bedanya, maut banyak ngalamin pergeseran makna daripada naas. Contoh deh, goyangan maut inul. Kebayang ga? Harusnya tau lah ya, goyangan yang meliuk aduhai bohay gitu. Lalu apakah goyangan maut itu bisa disamakan dengan goyangan naas?

Adalagi contoh lain, senyuman maut. Oke, bayangin seseorang yang senyumannya maut. Udah dibayangin belum?terus bayangin sampe ane bilang berhenti. Yang jadi pertanyaan itu, apakah senyuman maut itu membawa kematian? Sama halnya dengan tendangan maut pahlawan ksatria bertopeng (kamen rider) black rx, monster ditendang pake tendangan maut ujung2nya nanti bakalan mati. Tapi kenapa kamen rider ini ga punya senyuman maut, toh bisa aja monster disenyumin jadi mati gitu.

Tapi ga ada salahnya kok kalo kita pake kata maut buat penjelas kata kerja yang menunjukkan aktivitas kaya tadi. Mungkin secara ga sadar, emang orang indonesia itu punya filosofi dekat dengan kematian. Bisa aja dengan ngomong 'senyuman maut', maksudnya biar sampe nanti kita ketemu kematian, jangan lupa senyum buat orang lain.

Terus kalo goyangan maut berarti sampe mati harus goyang terus gitu dong? Mungkin ada benarnya buat fans dangdut, dangdut tanpa goyang itu ibarat sayur tanpa garam. Gatau logika ini berlaku juga atau engga buat fans k-pop, meskipun menurut ane goyangannya Sistar itu ga kalah maut sama goyangannya Inul yang udah punya anak itu...

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!