Searching...
September 30, 2012

Make over Symbian belle



Yah sekedar sharing aja gan, ane punya hape X6 pake OS Symbian S60v5, bisa loh di make over biar kaya Symbian belle. Ane ini juga terinspirasi dari kisah nyata, kepengen punya hape yang Symbian belle tapi apalah daya soalnya ga mampu. Buat oprek S60v5, gini nih langkah-langkahnya :
1.      Install tema ‘Nokia Evolve’
Mulai dari cara yang paling gampang dulu ya gan. Hehe tema Nokia Evolve ini nih tinggal didownload aja lewat Nokia Store, temanya juga kecil, ga berat buat prosesor. Ane biasa pake tema ini nih, soalnya udah enteng, icon di menu juga (hampir semua) berubah jadi kaya Symbian Anna gitu. Coba aja gan, bagus loh. Ada juga yang ganti icon full semua kaya Symbian Belle gitu, Cuma rada berat juga sih. Jadi ane saranin pake Nokia Evolve aja.

2.       Install aplikasi Belle TopBar
Salah satu pembeda di s60v5 sama Symbian belle itu salah satunya ini: drop down notification. Buat agan yang punya temen pake hape android pasti tau deh, pernah kan liat temen agan nyentuh layar bagian atas terus di tarik ke bawah?nah hal serupa juga ada di Symbian belle. Belle topbar ini nih sebenernya aplikasi beta, tapi udah hebat gan. Persis banget dah kaya yg di Symbian belle.

3.       On-screen keyboard: Baidu Input vs. Dayhand Input
Pembeda kedua Symbian belle, itu soal keyboardnya. Kalo di hape X6 kaya punya ane, ngetik sms apa input data itu kudu masuk ke window input teks gitu. Misal di fb apa mau nge-twit, kan susah jadinya kalo mau liat twit sebelumnya apaan, kudu keluar dari input dulu. Apalagi kalo pengen kape qwerty, kudu dimiringin dulu gan hapenya. Annoying kan? Nah kalo pake aplikasi input dua ini, lagi ngetwit, sms, atau apa aja, gausah masuk ke window input teks. Jadi kaya di hape android gitu tuh, atau iphone. Ada onscreen keyboard gitu, dan lebih nyaman dipake pula gan !
a.       Baidu Input
Baidu input ini aplikasi dari china (sayangnya) yang fiturnya jauh lebih bagus deh daripada input di android apa iphone. Onscreen keyboardnya lengkap, meskipun cenderung kecil-kecil tombolnya, maklum gan s60v5 paling gede layarnya Cuma 3.2” gitu. Tapi buat performance, bagus banget gan. Latian sedikit pasti agan lebih cepet ngetiknya daripada keyboard default. Kalo pake baidu input, ada tema buat keyboardnya, warnanya juga bisa ganti2 sesuka agan. Buat di aplikasi mana aja, baidu input juga bisa buat input teks. Gausah miring-miringin hape buat ngetik pake qwerty.

b.      Dayhand input
Sama aja sih (sayangnya) dari china ni aplikasi, ane juga pake ini kepepet. Hehe dayhand input ini boleh dibilang saingan sama baidu, Cuma kalo yang ini lebih simple. Simpelnya itu kalo di baidu, satu tombol bisa bejek2 bejibun gitu, nah kalo di dayhand agan pasti familiar. Buat konsep tetep sama, input onscreen gitu, tapi yang ane maksud agan bakalan familiar itu ya karena bentuknya kaya keyboard di Opera Mini :D
Saying, ga semua aplikasi bisa pake dayhand. Kaya internet browser, gabisa gan pake dayhand. Tapi sejauh yang ane tau sih, di aplikasi third party malah fine2 aja, taroh kata fMobi apa OperaMini.
4.       Homescreen: Belle Tsunami by Caciones
Setelah coba coba ini itu, ane menemukan pencerahan. Kalo pengen oprek hape, homescreen dulu yang kudu di oprek. Kenapa? Soalnya homescreen ibarat muka kalo di manusia. Homescreen jelek tapi isi software bagus2, tetep aja deh di cap jelek walopun softwarenya bagus bin berguna. Hehe Belle navibar bakalan merubah secara instan hape agan, biar kaya Symbian belle. Kalo biasanya kan homescreen tombolnya ada dua, kalo di belle navibar nanti jadi symbol gitu, bagus deh beneran. Widgetnya juga fungsional, walopun facebook widget bawaan nokia jadi ga berguna sih…

5.       CFW: Skyfire redefined
Buat agan yang merasa jago Symbian dan ahli oprek Symbian, ini nih CFW yang paling cocok kalo pengen lebih mendekati Symbian belle. Skyfire redefined, adalah CFW yang di modding berdasarkan firmware N97. Tampilannya full, mirip banget kaya Symbian belle. Sayangnya ya itu, orang CFW kalo moddingan dr N97, jeleknya RAM jadi dikit banget, paling nyisa 37an MB gan. Buat ampilan, emang lebih bagus banget ini sih .hehe



Tertarik gan?ayo modding hape,biar gabosen gitu. Daripada dijual :D

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!