Searching...
August 18, 2014

lame diary: lame separation



I had always thought that I am bad at farewell. Well, nobody is good at farewell, perhaps.

Terjemahan kalimat diatas itu bisa aja kaya gini: Inyong mikire nek anu perpisahan-perpisahanan ya anu ora bakat lan ora pinter. Ndean ya kabehan wong kaya kuwe pada ora bakat nek anu perpisahan.
Udah agak mudengin belom, gan?

Kalo masih belum mudengin ya udah skip aja. This entire blog memang gaje. Tapi maacih eaa kaka udah baca blog ane. Kali ini ane mau bahas separation atau perpisahan.

Mostly, orang selalu mikir kalo perpisahan itu hal yang buruk. Ga bisa ketemu lagi, gabisa ngobrol lagi, gabisa ini itu lagi, terutama perpisahan sama orang yang udah meninggal. Ga bakalan, never, ketemu lagi. Tapi kalo di pewayangan, perpisahan(kematian) adalah jalur penyempurnaan bakti atau dharma seseorang, oleh karena itu farewell di pewayangan lebih ke ‘selamat jalan’ ketimbang ‘selamat tinggal’.

Or so I thought. Tapi yang ane yakin emang gitu, meninggal/kematian itu adalah proses move on ke dunia yang lebih baik, dari segi lamanya atau dari segi freedomnya.

Kok jadi gloomy sih tulisannya hadeuh.

Perpisahan yang permanen, atau yang sengaja dibikin permanen itu nyisain PR buat pelakunya, yaitu move on. Masalah yang dihadapi oleh banyak remaja di Indonesia. Sampe-sampe banyak banget dibikin lagu tentang move on-move on-an, dari yang berhasil sampe gagal. Macem bisnis gitu lah ada sukses ada gagal segala :/

Gak heran motivator di Indonesia itu laku keras. Apa karena  rakyat Indonesia kurang motivasi? Bisa jadi. Apakah karena banyak yang belum move on? Bisa jadi juga. Pantesan Indonesia pintar, bisa jadi – bisa jadi kabeh cuk…

Coba sih dipikir, berapa banyak quote, status, atau twit yang udah diproduksi sama motivator ngebahas soal move on-move on-an. Bukan berarti quote, status, atau twit-nya mereka ini gak ampuh. Yang jadi masalah itu ya, quotenya Cuma di share, statusnya Cuma di update, dan twitnya Cuma di-RT.

Padahal move on itu lebih ke praktikal. Lebih ke action. Lebih ke kerja nyata. Delapan delapan delapan oooooo nyata dengan Partai Amanah Still Maneh.
Anjir malah nyanyi jingle partai. Oke skip.

Ya itu tadi, lebih ke action ya bocah-bocah kalo move on. Kalo Cuma share quote, update status, RT twit motivasi, ya gak bakalan jadi. Niat move on tanpa action itu namanya MOVE OON.

*elus-elus jenggot* jadi gini cuk, kalo emang niat move on, carilah closure. Carilah penutup. Metaphor yang paling sering dipake itu kan ‘hidup laksana buku, tiap halamannya adalah hidupmu, dan kamu penulisnya’, jadi biar move on, carilah penutupnya dulu. Biar ganti bab/chapter, tutup dulu dong itu bab lamanya. Kalo gak ditutup, ngegantung juga lah babnya. Yang harusnya udah berakhir tapi masih kepo, ini merupakan pertanda belum move on.

Only by finding closure you will find yourself ready for a start over.

Kaya kalimat bijak ya itu barusan? Pastinya, masa blog isinya postingan gak jelas doang. Sekali-kali lah ngeluarin kata bijak.

PS: postingan ini dibuat dari hasil mendengarkan The Script-Six Degrees of Separation

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!