Searching...
November 13, 2013

palsu yang abal-abal

sedikit edit twitnya sujiwo tejo : cuma ada dua tipe manusia, yaitu manusia yang bilang endhas sama manusia yang bilang kepala tapi dalam hati meng-endhas-kan orang.

yang tipe pertama itu urakan, yang kedua itu munafik. mau milih yang mana ente? ane milih buat engga jadi munafik hehe

tadinya ane tuh jarang banget mengumpat. iya, jaraaaang banget mengumpat ke orang, atau minimal ya nglepasin luapan emosi deh. bahasa inggris kerennya ya swearing deh buat yang gatau apa itu mengumpat, dan taunya jonjang umpat :D petak umpat sama umpat-umpat pisang. atau umpat sayur juga enak buat sarapan

mengumpat banyak yang bilang negatif gitu, kasar, gak macho, dan gak banget deh intinya. dulu, ane mikir sama kaya gitu juga. pokoknya yang namanya mbangsat-mbangsati, ngasu-asuni, njancuk-jancuki , dan semua jenis umpatan itu sama sekali gak keren, dan ane nahan itu semua dengan jaim biar keren ya jangan mengumpat. disinilah ane tersesat: jaim agar gak terkesan kasar.

sebetulnya ya munafik banget loh, apa banget deh jaim tapi tujuannya biar gak terkesan kasar. jujur ane pas nahan-nahan ga mengumpat, mengumpatnya ya malah di dalem ati. masih aja mengumpat dan mbangsat-mbangsati, tapi didalem ati. diluar jaim, sopan, gak mbangsat-mbangsati tapi di dalemnya teriak bangsat. aduh, munafiknyaaaa ane dulu. jaim agar terkesan gak kasar itu justru BEYOND sekedar kasar hadeeeh

munafik itu gak keren. yang keren itu gak munafik. ini semboyan ane saat ini.

terlepas dari kegiatan mengumpat, ane salah satu orang yang yakin kalo bahasa jawa yang punya banyak tingkatan dari ngoko, kromo, kromo inggil itu gak harus dipake mentang-mentang seseorang punya status sosial. sederhananya gini, dulu ane diajarin bahasa jawa, ngoko itu dipake buat temen sama temen, krama itu dipake sama anak/ibu ke bapak atau bawahan prajurit ke raja (inferior-->superior).
dan ane sekarang lagi ngerasa sok paling bener, kalo ngoko , krama justru harusnya dipake bukan karena embel-embel status sosial, tapi tergantung seberapa dekat dua orang yang lagi ngomong itu. bukan karena mentang-mentang seseorang jadi petinggi, terus kalangan bawah kudu pake krama kalo ngomong sama mereka. gak, harusnya bukan gitu.

krama itu semakin dipake KALO orang yang ngomong meninggikan lawan bicaranya secara hubungan sosial. misal, karena seorang itu menghargai banget temen sebayanya yang dia anggep lebih knowledgeable, bisa aja dia pake bahasa krama meskipun seumuran, temen main pula. sebaliknya ngoko itu semakin dipake KALO orang yang ngomong itu semakin menyetarakan lawan biacaranya secara hubungan sosial karena saking deketnya ikatan dua orang tersebut. misal ada anak yang deket banget sama ortunya, dia pake bahasa ngoko malahan, karena saking deketnya dia ama ortunya jadi tembok hubungan anak bawah ortu atas itu leburrr...menyatu

sementara yang ane liat di yang nyata, anak ngomong krama ke ortunya, tapi dibelakang kalo lagi ngomongin ortunya ngoko malahan. apa itu, krama tapi palsu.

kalo emang ngomong ke ortu krama, ya apapun kegiatannya meskipun itu ngomongin dibelakang tentang ortu, ya pake krama juga dong.konsisten, jangan terkesan sopan kalo ada orangnya doang, itu mah sopan santun. tunjukkin tata krama, itu yang lebih real buat idup. ente tau ga kalo modal cuman sopan santun doang tapi dikasih kekuasaan lebih? jadinya koruptor, kaya di senayan sana. dari luar sopan santun, dalemnya korupsi ternyata.


dan apapun yang palsu itu hampir mendekati munafik cuuuk.

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!