Searching...
June 04, 2013

jus buah tomat apa sayur tomat?

entahlah mau nulis apaan, ane bingung heuheu

dari kemaren ane nulis bingung bingung mulu, terus ngapain juga masih nulis...

yaudahlah ane mau mendongeng aja, cerita fiksi rada non-fiksi sih. tapi apalah artinya genre kalo yang nulis aja engga jelas hehe. yang perlu ane tekankan disini adalah, jangan sekali-kali nyoba sok sastra dengan teori sastra yang bakalan nunjukkin kalo tulisan itu berhubungan langsung sama penulisnya. STOP, tulisan ini mengarang semi indah soalnya.

jadi begitu ceritanya...

eh kok aneh ya, ya udahlah gausah dimasalahin. mendingan lanjut baca aja.



suatu hari, di negeri buah-buahan dimana buah-buahan hidup, bermasyarakat dan berbudaya. buah-buahan disana bahagia, karena bisa berteman dengan buah lain. negeri itu bernama fruitopia.

di negeri buah-buahan ini, buah apa aja ada. yang apel lah, yang kesemek, yang duren, semua akur dan bermasyarakat, damai tenteram bahagia. ga ada buah yang ribut karena engga dijadiin merek hape. disini blackberry sama blueberry sama-sama enak, sama-sama berotak canggih meskipun si blackberry berasal dari kanada dan si blueberry berasal dari cina. di furotopia, negeri buah-buahan, dipimpin oleh seorang ratu, yaitu buah mad. beneran, ada yang nama buah namanya mad. percaya deh

meskipun semua buah ada di furitopia, ada beberapa buah yang dilarang masuk ke fruitopia. tak luput dari peraturan ini adalah buah d**a, yang dideportasi ke negeri animalia dan berganti nama disana, dengan nama baru p***dara, sebuah nama yang mirip dengan burung dara.

tapi biarlah buah d**a itu berada di negeri animalia, yang penting engga ada yang galau.

waktu itu, ratu buah mad didatangi oleh sebutir tomat merah. tomat ini galau karena krisis identitas yang melanda mentalnya, dia masih dibingungkan oleh asal-usulnya dan tidak jelas ia akan berkarir dimana. ane sebagai penulis juga ikut galau, kasihan si tomat merah itu.

si tomat merah itu menghadap ke ratu buah mad di singgasananya

"wahai ratu buah mad, tolonglah sebutir rakyatmu ini, hamba gundah gulana insomnia karena hamba tiada terkira ternyata hamba dilanda kebingungan"
"wahai tomat merah, biasa aja ngomongnya, gausah sok formal, susah soalnya"

ane sebagai penulis setuju, susah kalo nulis kata-kata resmi.okelah lanjut

"oh yaudah kalo gitu, kebetulan engga bisa juga ngomong resmi gitu nih. ini saya manggil ngga usah pake ratu gapapa nih"
"iya gapapa sok ngomong ya ngomong bae. ada maslah apa nyampe kudu ke istana, nge-twit aja kan bisa. kalo mention pasti dibales sama adminnya. twitternya @buah_mad, di follow ntar ya. ntar aku folbek gitu"
"iya kebetulan buah mad, ini juga saya ga ada yang ngefollow padahal udah bikin twitter dari lama"
"iya iya, terus kesini masalahnya twitter doang apa gimana?"
"engga buah mad, ini saya masalahnya bukan disitunya. lebih dari itu. saya bingung nih buah mad"
"bingung apaan?"
"milih UKM buah mad, bingung banyak cewe cantik tapi pada nyebar ke UKM yang ini sama yang itu"

buah mad cengo.
penulisnya juga cengo kok maslahnya enteng banget kaya gitu. kaya mahasiswa pada umumnya.

"eh maksud saya bukan buah mad. ini saya lagi bingung mau beli bb apa android"

buah mad cengo kuadrat. masih ada galau mau beli android apa bb, wong udah jelas fungsinya buat apaan.

"lho bukan buah mad, bukan itu, yang tadi saya ga bingung. ini buah mad, bingungnya itu saya mikir-mikir engga ketemu juga solusinya apaan. sbenernya saya itu buah apa sayur ya buah mad?"

buah mad berpikir keras. dia juga ga pernah mikir begituan, pantes aja tomat merah ini bingung.

"lho emang kenapa kok dibingungin banget sih, mau buah apa sayur bukannya sama aja?"
"ya engga bisa gitu juga buah mad, kan saya kalo sebenernya sayuran, berarti gaboleh hidup di fruitopia dong, kan negeri ini cuman buat buah doang"
"iya juga yaa? kok gak perbah kepikiran yaa"
"tuh kan, galau saya beralasan bu. sbenernya sih gausah ke istana buat ngerampungin galau, tapi mau gimana lagi saya udah ngetwit sama update status tapi masih aja galau"
"iya kalo masalah gini berarti gawat nih. bisa-bisa kamu di deportasi kaya kasusnya si d**a. coba kamu ke menteri dalam negri, nanti bilang mau ketemu menterinya. namanya buah sin, bilang aja disuruh sama saya"
"okelah kalo beg beg gitu buah mad, ini saya langsung aja nih?"
"iya sok pergi aja langsung kesana, titi dj yaa"

si tomat merah pergi ke kantor menteri dalam negeri. karena jauh, dia terpaksa naik ojek. dan seperti kata ratu, dia bener-bener ketemu titi dj.

beberapa menit kemudian, sampailah si tomat merah ke kantor menteri dalam negeri dan langsung ketemu sama menterinya. disini kalo mau ketemu menteri mah gampang, beda sama kalo mau ketemu dosen atau dekan. ketemu menteri itu segampang ketemu pacar, kecuali pacar yang LDR.

tibalah tomat ke pintu masuk kantor menteri
"assalamulaikum"
"assalamulaikum"
"assalamulaikum!"
"ini kantor menteri apa kantor setan sih! udah assalamulaikum assalamulaikum gak ada yang jawab !"

tomat emosi karena salam ikhlasnya tak terbalas. langsung saja si tomat masuk.

"lho tomat, kamu kok masuk masuk aja. saru banget kamu"
"saya disuruh buah mad nih menteri, katanya langsung masuk aja"
"ah dia mah, ratu tapi ngajarin ga bener. lain kali ketok pintu dulu dong,"
"daritadi saya udah assalamulaikum assalamulaikum, menteri aja yang ga denger"
"oke oke, salah saya, tadi  lagi mainan fruit ninja ketanggungan hehe"

mohon jangan tiru menteri barusan, apapun alasannya.

"jadi ada masalah apa nih deneng dateng ke kantor?"
"ini menteri, galau lagi nih. saya kan jadi rakyat udah lama ya, tapi baru kepikiran kemarin. saya kan tomat, saya ini buah apa sayur ya?kalo ternyata saya ini sayur, kan ga boleh tinggal disini, harus dideportasi karena negerinya khusus buah buahan doang."
"oh iya juga itu bener, bisa bisa kamu di deportasi ya"
"nah iya itu, ini saya sebenernya apa ya?
"wah pantes galau yah. sebenernya mah identitas jati diri kamu ya kamu yang nentuin sih"
"kok gitu sih menteri?"
"iya lah, sekarang gini deh, kalo kamu makan sop, doyan ga kalo ada tomat di sopnya?"
"kok jadi ngebahas sop sih? duh ga beres nih, kebanyakan korupsi sih jadi menteri"
"eh kamu malah nuduh gitu. gini nih maksudnya. kalo kamu doyan makan sop yang ada tomatnya berarti kamu jenisnya sayuran, kalo kamu ga doyan berarti kamu buah"
"oh gitu ya?"
"iya lah, gimana kamu doyan ga?"
"ga doyan sih, berarti ak buah ya pak?"
"iya, buah berarti tuh."

dan sedikit misteri di negeri buah itu selesai dengan begitu saja.

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!